PENGARUH PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII MTsN MODEL SUMBER BUNGUR PAMEKASAN 3

  • ANISATUL ISTIQOMAH

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas VII dengan menerapkan scientific approach. Teori yang digunakan yaitu teori belajar Jerome S. Bruner dan teori belajar Vygotsky. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneilitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest desain yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Penelitian ini dilakukan dalam suatu eksperimen pembelajaran, sebelum dilakukan treatment diawali dengan pre-test dan setelah dilakukan treatment dilakukan post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan scientific approach memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII MTsN Model Sumber Bungur Pamekasan 3, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan scientific approach  terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII MTsN Model Sumber Bungur Pamekasan 3. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar PPKn siswa dari sebelum penerapan scientific approach sebesar 2,59 menjadi 3,32 setelah penerapan scientific approach.

Kata Kunci: Scientific Approach, hasil belajar PPKn

 

Abstract

This research aims to prove the learning outcome civics class VII by applying a scientific approach. The theory used is the theory learned Jerome S. Bruner and Vygotsky theory of learning. This study uses a quantitative approach, research  type used is pre-experimental research design one group pretest-posttest design of experiments were conduted on one group alone without a comparison group. This research was conducted in an experimental learning, before treatment begins with a pre-test and after treatment were post-test. Data collection technique used tests and observation. The technique used to take samples in random sampling. The sample in this study were 44 students. The results of this study indicate the application of scientific approach has a significant impact on learning outcomes civics class VII MTsN  Model Sumber Bungur Pamekasan 3, from these results it can be concluded that there is a positive and significant effect of the application of the scientific approach to the learning outcomes civics class VII MTsN Model Sumber Bungur Pamekasan 3. This is evidenced by the increase in the average results of student learning civics before the application of the scientific approach of 2.59 becomes 3.32 after the application of the scientific approach.

Keywords: Scientific approach, civics of learning outcome

 

Diterbitkan
2016-08-08
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 24