STRATEGI SEKOLAH DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA SISWA MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI SMK PEMUDA KRIAN

  • ARI TRI MARIA

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah dalam menjalankan kantin kejujuran sebagai strategi dalam mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada siswa di SMK Pemuda Krian. Lokasi penelitian di SMK Pemuda Krian. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Sumber data diperoleh dari Kepala SMK Pemuda Krian, Wakil Kepala SMK Pemuda Krian, Pembina kantin kejujuran SMK Pemuda Krian dan Siswa-Siswi SMK Pemuda Krian. Hasil dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan sekolah dalam menjalankan kantin kejujuran sebagai strategi dalam mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada siswa di SMK Pemuda Krian yaitu berupa : (1) penempatan lokasi kantin kejujuran yang strategis dengan tujuan untuk mencegah perbuatan curang yang akan dilakukan siswa ketika membeli di kantin kejujuran, (2) adanya pamflet berisi kata-kata himbauan untuk bertindak jujur, (3) adanya pengawasan dalam operasionalisasi kantin kejujuran melalui CCTV, (4) keterlibatan siswa di dalam kepengurusan kantin kejujuran, (5) sosialisasi kepada siswa akan pentingnya keberadaan kantin kejujuran. Keberadaan kantin kejujuran mampu merubah sikap siswa menjadi lebih jujur. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh sekolah dalam menjalankan kantin kejujuran ternyata mampu mendorong siswa untuk bersikap jujur ketika bertransaksi di dalam kantin kejujuran.

Kata Kunci: Nilai-nilai kejujuran, Kantin kejujuran

           Abstract

The aim of research is to describe the some efforts is made by the school in running the honesty canteen as a strategy inteaching the value of honesty in students in SMK Pemuda Krian. The research sites in SMK Pemuda Krian. The method used is descriptive qualitative data collection is done by observation and interviews. Informant in this research as much as 7 people’s. Sources of data obtained from the Head of SMK Pemuda Krian, Deputy Head of SMK Pemuda Krian, builder of honesty canteen SMK Pemuda Krian and Students SMK Pemuda Krian. Results from this study that the efforts made by the school in running the honesty canteen as a strategy in teaching the value of honesty in students at SMK Pemuda Krian which are: (1) the placement location of honesty canteen is located in order to prevent fraudulent act that would do the students when purchased in the honesty canteen, (2) the pamphlet contains words appeal to act honestly, (3) lack of oversight in the operation of honesty canteen through CCTV, (4)the involvement of students in the honesty canteen management, (5) socialization to the students of the importance of honesty canteen. The existence of honesty canteen able to change the attitude of students to be more honest. Efforts have been made by the school in running the honesty canteen was able to encourage students to be honest when dealing in honesty canteen.

Key words: The values ​​of  honesty, honesty Canteen

Diterbitkan
2016-08-16
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 703