STRATEGI GURU PPKn DALAM PENGELOLAAN KELAS INKLUSIF DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN

  • SITI FATIMAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru PPKn dalam pengelolaan kelas inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan. Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan guru untuk menciptakan atau mempertahankan kondisi kelas yang optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teori behaviorisme B.F Skinner. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengelola kelas inklusif ada enam kegiatan yang harus diperhatikan oleh guru PPKn, antara lain (1) penentuan tata tertib/peraturan kelas, (2) pengaturan penempatan dengan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berinteraksi, (3) pengelolaan lingkungan belajar, (4) penyediaan media belajar, (5) pengaturan tempat duduk, (6) mengakomodasi kebutuhan belajar.  

Kata kunci : strategi, pengelolaan kelas, dan kelas inklusif

Abstract

The objective of reseach  is to describe strategy of civic education teacher in management of inclusive classroom at SMA Negeri 1 Gedangan. Classroom management is one of effort which has done by  teacher to create or maintain also make class optimalize there fore,  it can reach the learning purpose. This research use qualitative approaches and B.F Skinner behaviorisme to theory. To collect data use thecnique by observation, interview and documentation. The research outcome shows in the interest of  managing inclusive class. There are six activities which must be concerned by the Citizenship teacher are (1) using class roles, (2) setting the student placement by giving every student chance to interaction, (3) managing learning environment, (4) using the learning media, (5) setting the students seat, (6) Accommodate learning  necessity

Keyword: strategy, classroom management, and inclusive class

Published
2016-08-19
How to Cite
FATIMAH, S. (2016). STRATEGI GURU PPKn DALAM PENGELOLAAN KELAS INKLUSIF DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 196