STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMPK ANGELUS CUSTOS II SURABAYA

  • LODOVIKUS RADHA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam menanamkan sikap kedisiplinan kepada siswa di SMPK Angelus Custos II Surabaya.Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, wali kelas, guru kesiswaan, guru humas dan guru kurikulum.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam menanamkan sikap kedisiplinan siswa di SMPK Angelus Custos II Surabaya adalah dengancara: (1) pembiasaan, berupaguru ke sekolah tepat waktu, guru berpakaian yang rapi dan sopan di sekolah; (2) memberikan contoh/keteladanan pada siswa berupakepala sekolah dan guru dengan ramah memberi salam (berjabatan tangan) dengan siswa sebelum pelajaran dimulai; (3) nasehat-nasehat, berupakepala sekolah dan guru harus dengan ramah, sabar dan terbuka menegur dan menasihati dengan bijak terhadapsiswa yang melanggar tata tertib sekolah;(4) pemberian reward/penghargaan,berupa ketika upacara bendera siswa yang berprestasimendapat penghormatan diumumkan dan ditampilkan di hadapan teman-temannya dan memberikan piagam penghargaan; dan (5) hukuman yang mendidik dan menggunakan buku penghubung (sistem point),berupa kepada siswa yang rajin di kelas di beri penambahan point.Hal itu menunjukkan bahwa di SMPK Angelus Custos II Surabaya telah menerapkan multi  strategi dalam menanamkan sikap kedisiplinan kepada siswa.Semua elemen di sekolah bekerjasamadengan cara membiasakan diri menciptakan dan menanamkan sikap kedisiplinan dalam diri mereka dan juga siswa sehingga siswa lebih disiplin di lingkungan sekolah tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kata Kunci: strategi, sikap kedisiplinan

 

Abstract

This research aims to descript strategy of school in embedding discipline to the students in SMPK Angelus Custos II Surabaya. Research method used in this research is descriptive qualitative. Subject of the research is headmaster, counseling guidance teacher, homeroom teacher, student teacher, PR teacher, and curriculum teacher. Data is collected by using interview and documentation methods. Technique used in data analysis is data reduction, data presentation, and conclusion. Result of the research indicates that strategy of the school in embedding discipline to the students in SMPK Angelus Custos II Surabaya is by means of: (1) habituation, the form teachers go to school on time, teachers wear neat and polite clothes in school; (2) exemplify to the students, the form headmaster and teachers shake hands with students before classes start; (3) provide advices, the form headmaster and teachers should friendly reprove  students who break the rules; (4) give reward, the form, at the moment of flag ceremony, students with achievement  receive honor through announcement and come forward in front of their friends and receive appreciation; and (5) punishment for educational purpose and use of liaison book (point system), the form to the students who regularly attends school will be given additional points. Those indicate that SMPK Angelus Custos II Surabaya have implemented  multi strategy in embedding discipline to the students. All elements in the school join together in a way of making habit themselves to create and embed discipline inside themselves and also their students so they will be more discipline not only in environment of school but also in their social life.

Keywords:strategy, disiplinary attitude

Published
2016-08-26
How to Cite
RADHA, L. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMPK ANGELUS CUSTOS II SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v4n3.p%p
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 404