PERILAKU MEMILIH DALAM PILKADA KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 (STUDI PADA ANGGOTA IPNU DAN IPPNU KECAMATAN KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO)

  • DYAH NUR KHAFIFAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan perilaku pemilih (anggota organisasi IPNU dan IPPNU Kecamatan Krembung) dalam menentukan pilihannya pada Pilkada Sidoarjo tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 37% anggota IPNU dan IPPNU Kecamatan Krembung Kabupaten  Sidoarjo dalam kategori pemilih rasional objektif yang dinyatakan dalam lima indikator, yaitu informasi yang dimiliki terkait seluruh kandidat peserta pemilu, dapat mengambil keputusan saat dihadapkan pada alternatif pilihan, memiliki prinsip dalam menentukan pilihan pada Pilkada Kabupaten Sidoarjo tahun 2015, melakukan penilaian terhadap seluruh kandidat peserta pemilu, dan memiliki tujuan dan motivasi untuk kepentingan umum. Sebanyak 14% anggota IPNU dan IPPNU Kecamatan Krembung dalam kategori pemilih rasional yang subjektif yang dinyatakan dalam empat indikator, yaitu memiliki tujuan/kepentingan individu atau kelompok dalam menentukan pilihan pada Pilkada Sidoarjo tahun 2015, memaksimalkan keuntungan, informasi dan pengetahuan terkait kandidat peserta pemilu terbatas, serta pertimbangan untung dan rugi. 49% anggota IPNU dan IPPNU termasuk dalam kategori pemilih ketiga, yaitu termasuk dalam kategori pemilih dengan pendekatan psikologis, karena memiliki nilai yang sama besar pada kedua subvariabel (rasional objektif dan rasional subjektif) atau sama rendah pada kedua subvariabel.

Kata kunci: perilaku memilih , Pilkada, IPNU-IPPNU.

 

Abstract

The purpose of this study is to find a tendency behavior of voters (a member of a IPNU and IPPNU district of Krembung) in determining the choice in election Sidoarjo 2015. Behavior choose was a series of activity carried out by voters before determine the choice in the election that was held. This research adopting quantitative with the methods descriptive. Technique data collection used is chief and documentation. The result showed that 37% IPNU members and IPPNU in Sidoarjo Krembung district in the category of rational objective voters expressed in five indicators, which is owned by relevant information all candidates contesting, judge when faced with to choose, having its in determining voting in the election district Sidoarjo 2015, assess all candidates contesting, and has objective and motivation for public interest. A total of 14% IPNU members and IPPNU in Krembung in the category of voters rational subjective expressed in four indicators, that is having purpose/interests of an individual or group in determining voting in the election Sidoarjo 2015, maximize shareholder profit, information and knowledge related to candidates limited, and consideration risk and reward. 49% IPNU members and IPPNU category in a third voters, which is included in a category voters with psychological approach, having equal value large on both subvariables (rational objective and rational subjective) as low as both subvariables .

Keyword: voting behavior, district election, IPNU-IPPNU.

Published
2016-08-26
How to Cite
NUR KHAFIFAH, D. (2016). PERILAKU MEMILIH DALAM PILKADA KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 (STUDI PADA ANGGOTA IPNU DAN IPPNU KECAMATAN KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v4n3.p%p
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 70