STRATEGI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK   (Studi Deskriptif pada Keluarga Buruh Tani di Dusun Kaweden Kabupaten Gresik)

  • DODIK DWI CAHYONO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi orang tua dalam menanamkan nilai moral pada anak, pendekatan yang dilakukan oleh orang tua buruh tani kepada anak dalam menanamkan nilai moral, dan metode yang digunakan oleh orang tua dalam menanamkan nilai moral pada anak buruh tani di Dusun Kaweden Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi orang tua dalam menanamkan nilai moral pada anak dilakukan melalui tiga basis, yaitu (1) berbasis religius; (2) berbasis lingkungan; (3) berbasis hubungan sesama manusia. Dimana pada ditiap-tiap basis tersebut orang tua menggunakan metode keteladanan, pemberian tuntunan, pemberian dorongan, hukuman serta penghargaan.

Kata Kunci: strategi orang tua,  nilai moral, anak.     

Abstract

The aim of this study was to determine the strategies of parents in inculcating moral values ​​in children, the approach taken by the parent farm workers to children in instilling moral values, and methods used by parents in inculcating moral values ​​in young farmer in the hamlet of anxiety District Gresik. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques are observation, interview and documentation. As for the data analysis techniques using data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. The results showed the strategy of parents in inculcating moral values ​​in children through three bases, that is ( 1 ) based on religious belief; ( 2 ) based on the environment; ( 3 ) based on human relations. Where each and every base is parents with exemplary methods, providing guidance, support, punishment and reward .

Keywords: parent strategies,  moral values,  child

Published
2016-08-26
How to Cite
DWI CAHYONO, D. (2016). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK   (Studi Deskriptif pada Keluarga Buruh Tani di Dusun Kaweden Kabupaten Gresik). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 252