PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 SURABAYA

  • DAINI SITI NUR AINY

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa kelas XI di SMA Negeri 17 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 17 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 305 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan tiga analisis yakni analisis korelasi, analisis regresi, dan koefisien determinasi. Analisis korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PPKn menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,063 yang berarti kedua variabel memiliki pola hubungan yang kurang berarti. Analisis regresi menghasilkan persamaan yaitu Y = 90,296–0,016x. Persamaan tersebut berarti bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh negatif terhadap prestasi belajar sehingga apabila kecerdasan emosional siswa meningkat maka prestasi belajar akan menurun. Koefisien determinasi menunjukkan nilai 0,004 yang berarti sumbangan relatif yang diberikan variabel kecerdasan emosional (X) terhadap prestasi belajar PPKn (Y) adalah sebesar 0,4%. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan menghasilkan nilai thitung sebesar -0,391 dengan taraf signifikansi 95% (0,05). Kesimpulan dari pengujian tersebut yaitu diterimanya Ho dan ditolaknya Ha karena thitung < ttabel yaitu -0,391<2,021, sehingga kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PPKn.

Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajar.

 

Abstract

This research aims to analyze the influence of emotional intelligence on the civics learning achievement in class XI at SMA Negeri 17 Surabaya. This research used quantitative approach to the ex post facto method, with research site in SMA Negeri 17 Surabaya. The populations in this research were all students of class XI totaling 305 people. This research used questionnaire and documentation to collect data. This research resulted in three analyzes the correlation analysis, regression analysis, and the coefficient of determination. Analysis of the correlation between emotional intelligence and academic achievement to produce a correlation value of 0,063 which means that both variables have a pattern of relationships which are less meaningful. The regression analysis yields equation is Y = 90,296–0,016x. The equation means that emotional intelligence has a negative effect on learning achievement so that when the emotional intelligence of students increased, the learning achievement will decline. The coefficient of determination shows that the value of 0.004 means that given the relative contribution of emotional intelligence variable (X) to the learning achievement (Y) is approximately 0.4%. Testing the hypothesis in this study using the t test and produce value tcount –0,391 with 95% significance level (0,05). The conclusion of these tests is acceptance Ho and rejection Ha, because tcount < ttable namely                     -0,391<2,021, so that emotional intelligence has no significant effect on civics achievement.

Keywords: emotional intelligence, learning achievement.

Published
2016-08-31
How to Cite
SITI NUR AINY, D. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v4n3.p%p
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 132