FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG SISWA SMA AL-ISLAM KRIAN MEMBOLOS SEKOLAH

  • NASRIA IKA NITASARI

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong perilaku membolos sekolah pada siswa SMA Al-Islam Krian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan design penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah 93 siswa kelas XI yang berperilaku membolos sekolah di SMA Al-Islam Krian. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mempergunakan semua populasi sebagai sampel penelitian yaitu 93 siswa. Untuk memperoleh data yang ada di lapangan maka teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan instrumen berupa angket, serta menggunakan teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan langkah-langkah editting data, coding, pemberian skor, membuat tabulasi, dan mengolah data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendorong siswa SMA Al-Islam Krian membolos sekolah ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal, faktor yang mendorong siswa membolos adalah siswa yang merasa mempunyai kemampuan individu yang rendah yaitu sebanyak 63 siswa dengan prosentase 67,7% dan siswa yang merasa mempunyai motivasi rendah dalam belajar di sekolah yaitu sebanyak 46 siswa dengan prosentase 49,4%. Pada faktor eksternal, faktor yang mendorong siswa membolos sekolah adalah siswa yang merasa kurang nyaman dengan keadaan keluarganya yaitu sebanyak 26 siswa dengan prosentase 27,9%, siswa yang merasa sikap orangtua yang membuat anak tidak nyaman yaitu sebanyak 66 siswa dengan prosentase 70,9%, siswa yang merasa kurang nyaman dengan situasi dan kondisi di sekolahnya yaitu sebanyak 62 siswa dengan prosentase 66,6%, dan siswa yang merasa dirinya mudah terpengaruh dengan teman-temannya di sekolah yaitu sebanyak 77 siswa dengan prosentase 82,7%.

Kata Kunci: Faktor-faktor, perilaku membolos sekolah

 

           Abstract

The purpose of this study was to describe the factors that drive the behavior of high school students skipped school on SMA Al-Islam Krian. This study used quantitative research methods descriptive survey research design. The study population was 93 students of class XI who behave skipped school in SMA Al-Islam Krian. Researchers using saturation sampling technique which uses all of the population as a research sample that is 93 students. To obtain the data in the field data collection techniques such as questionnaires using questionnaire instrument, and using data analysis techniques such as quantitative descriptive analysis technique to editting steps of data, coding, scoring, making tabulation and processing data. The results of this study indicate that the factors that encourage high school students skip school of Al-Islam Krian there are two kinds of internal and external factors. On internal factors, factors that encourage student is truant students who feel have the ability of individuals low as is 63 students with a percentage of 67.7% and students who feel to have low motivation in learning in school with 46 students with a percentage of 49.4%. On external factors, factors that encourage students to school are students who feel less comfortable with the state of his family as much as 26 with a percentage of 27,9%. Students who feel the attitude of parents are making the child uncomfortable that as many as 66 students with a percentage of 70,9%. Students who feel less comfortable with the situation and conditions in their schools as many as 62 students with a percentage of 66,6%. Students who feel they are easily influenced by their friends in school, that as many as 77 students with a percentage of 82,7%.

Keywords: factors, school truant behavior

Diterbitkan
2016-09-01
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 628