KONSTRUKSI ORANG TUA TERHADAP GAYA BERBUSANA ANAK-ANAK DI DESA TENGGONG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • MIFTAHUL KHAIRIYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konstruksi orang tua terhadap gaya berbusana anak-anak dan mengungkap faktor-faktor dominan yang mempengaruhi orang tua dalam pemilihan gaya busana anak-anak di Desa Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Penelitian ini mengambil lima informan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Teori yang digunakan sebagai analisis adalah teori konstruksi Peter L. Berger. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya berbusana anak-anak dipahami orang tua sebagai bentuk cerminan diri orang tuanya melalui apa yang ditampilkan oleh anaknya. Penampilan anak dalam masyarakat akan mengetahui  latar belakang pekerjaan orang tuanya dan status sosial keluarganya, meski demikian alasan sopan jika dipandang orang lain tetap mendominasi dalam pertimbangan orang tua dalam memilih busana untuk anaknya dan faktor-faktor dominan yang mempengaruhi orang tua dalam memilih gaya busana anaknya adalah memilih gaya berbusana sesuai dengan tingkat harga dan memilih gaya berbusana sesuai dengan pengaruh lingkungan.

Kata Kunci : Konstruksi orang tua, gaya berbusana anak

 

Abstract

The purpose of this research is to describe construction parents to style dressing children and discover dominant factors affecting the parents an election to style fashion children in the village Tenggong  Rejotangan District Tulungagung Regency. This study adopted qualitative approaches with the design research phenomenology. This research took five informants with using a technique snowball sampling. Technique data collection used observation and interview . A theory that uses  analysis is a theory of construction Peter l .Berger. This research result indicates that style dressing children understood parents as a form of the reflective self their parents through that which is displayed by his son. The children style in community will know to background the work of his parents and social status his family, however reason polite if seen the other guy stayed dominated in consideration of older people in choose.

Keyword : Construction the parents, Children style.  

Published
2017-01-11
How to Cite
KHAIRIYAH, M. (2017). KONSTRUKSI ORANG TUA TERHADAP GAYA BERBUSANA ANAK-ANAK DI DESA TENGGONG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01). https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%p
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 72