PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA DI SMP AL-FALAH DELTA SARI SIDOARJO

Authors

  • LAILATUS SHOLICHA

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%25p

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem full day school terhadap perkembangan sosial siswa di SMP Al- Falah Delta Sari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Al-Falah Delta Sari. Populasi dalam penelitian berjumlah 544 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan ukuran sampel sehingga berjumlah 98 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket,wawancara dan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan rumus korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perkembangan  sosial siswa di SMP AL-Falah Delta Sari  mayoritas mempunyai perkembangan sosial positif. 2) pada hasil uji statistic korelasi Spearman  dengan perolehan nilai 0,025 menunjukkan bahwa adanya pengaruh sistem full day school terhadap perkembangan sosial siswa berhubungan lemah,karena pada usia remaja awal lebih dipengaruhi teman sebaya. Out put tetap postif karena ada dukungan dari keluarga serta teman sebaya.

Kata Kunci:Sistem full day school, perkembangan sosial, remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-13

How to Cite

SHOLICHA, L. (2017). PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA DI SMP AL-FALAH DELTA SARI SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01). https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%p
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 252