HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO

  • RIZA LAILUL MAGHFIROH

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo.  Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Sidoarjo sebanyak 90 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan emosional dan angket perilaku prososial. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dengan angka kasar dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rhitung sebesar  0,437 dengan p pada taraf signifikansi 5% = 0,207 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial. Artinya semakin tinggi nilai variabel kecerdasan emosional, semakin tinggi pula nilai variabel perilaku prososial. Hasil analisis data tersebut dipertegas oleh teori dari Taylor dkk. (1997:351) yang menyebutkan bahwa kecerdasan emosional tinggi khususnya empati dapat meningkatkan perilaku prososial, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial diperkuat dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1909. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 19,09% terhadap vaiabel perilaku prososial, dan sisanya sebesar 80,91% disebabkan oleh sumbangan dari faktor-faktor lain.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, perilaku prososial.            

Diterbitkan
2017-01-13
Abstract Views: 623
PDF Downloads: 774