PEMBENTUKAN BUDAYA DISIPLIN MELALUI PROGRAM PENEGAK DISIPLIN SEKOLAH DI SMAN 1 PORONG KABUPATEN SIDOARJO

  • MUHAMMAD SYAIFUDDIN

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembentukan budaya disiplin sekolah dalam menegakkan kedisiplinan siswa di SMAN 1 Porong. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran mixed method eksplanatoris sekuensial yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik persentase untuk data kuantitatif dan teknik triangulasi untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan budaya disiplin di SMAN 1 Porong diupayakan melalui pengondisian lingkungan disiplin dan pembentukan perilaku disiplin. Pengkondisian lingkungan disiplin dilakukan dengan cara pemberian keteladanan dalam menaati tata tertib sekolah yang diberikan oleh guru dan Penegak Disiplin Sekolah di SMAN 1 Porong; dan pengawasan terhadap kedisplinan siswa dan diadakannya evaluasi terhadap hasil pengawasan oleh guru dan para penegak kedisiplinan. Pembentukan perilaku disiplin dilaksanakan melalui pemberian penguatan dan hukuman. Penguatan dilaksanakan dengan dua pendekatan yaitu menggunakan penguatan positif melalui pemberian sambutan baik dan pujian; dan penguatan negatif melalui pemberian penugasan yang mendidik. Sedangkan pemberian hukuman pun juga menggunakan dua pendekatan yang mendidik yaitu hukuman pemberlakuan yang dilaksanakan dengan memberikan peringatan dan nasihat secara berkelanjutan sampai dengan siswa sadar untuk tidak melakukan pelanggaran peraturan sekolah lagi; dan hukuman pencabutan yang dilaksanakan melalui penghilangan hak tertentu siswa.

Kata kunci: Kedisiplinan, Budaya Disiplin, dan Penegak Disiplin Sekolah

Diterbitkan
2017-01-13
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 78