STRATEGI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) UNESA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PESERTA PPG PASCA SM-3T

  • HUSNUL HOTIMAH

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran yang sebenarnya tentang bagaimana strategi pendidikan profesi guru (ppg) unesa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta ppg pasca sm-3t.. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Gedung Program, Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya di Kampus Lidah Wetan. Untuk memperoleh data yang ada di lapangan maka teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara , serta menggunakan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PPG dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional yaitu melalui kegiatan worksop, pada saat worksop untuk mengembangkan kompetensi pedagogik strategi yang dilakukan yaitu seperti pemberian seminar kurikulum dan untuk profesionalnya diberikan lagi penekanan terhadap materi yang di berikan agar peserta nantinya tidak salah konsep dalam menyampaikan materi pada saat mengajar, serta peer teaching atau micro teaching dengan menggunakan metode inquiry dan discovery  peserta PPG di tuntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: strategi, pendidikan profesi guru, pedagogik, profesional

Diterbitkan
2017-01-16
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 304