IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBEM BASED INSTRUCTION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1  PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA KARTIKA IV-3 SURABAYA”

  • RATRI PRAMESWARI

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPA 1 SMA Kartika IV-3 Surabaya. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilaksanakan dalam bentuk Penelitian quasi experimental atau eksperimen semu. Subyek penelitiannya berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Shot Case Study. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 1 SMA Kartika IV-3 Surabaya mengalami peningkatan. Dari hasil analisis tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran materi hukum internasional dengan menerapkan model PBI kelas XI IPA 1 memberikan respon yang positif. Rata – rata hasil belajar siswa pada ranah afektif menunjukkan hasil yang sangat baik selama proses pembelajaran untuk kelas XI IPA 1 dengan persentase sebanyak 95%. Diterapkannya pembelajaran PBI mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, hal ini bisa dilihat dari respon siswa sebanyak 95% yang menyatakan bahwa siswa meyukai suasana kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Secara umum pembelajaran dengan penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI) dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi hukum internasional.

Kata Kunci : Implementasi PBI, Hasil belajar siswa

Diterbitkan
2017-01-16
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 63