PENGARUH PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA AKSELERASI DI SMP NEGERI 3 KEDIRI

  • ASTIKA DEWI NURLAILI

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penyesuaian diri terhadap perilaku sosial siswa akselerasi di SMP Negeri 3 Kediri. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa, terdiri atas 11 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data kemudian diolah dengan menggunakan statistik parametrik yaitu uji t parsial dengan analisis regresi. Hasil analisis data menghasilkan nilai thitung = 3,584 , sedangkan t tabel 1.729. karena thitung (3.584) > ttabel (1.729) dan p pada taraf signifikansi 5% = 0,698 (p > 0,05). Nilai p 0,698 menunjukkan hubungan tersebut signifikan. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap perilaku sosial. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa semakin tinggi tingkat penyesuaian diri Siswa Cerdas Istimewa dalam kelas akselerasi, maka semakin tinggi pula tingkat perilaku sosial yang ditunjukkan oleh Siswa Cerdas Istimewa tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat nilai koefisien R square (R2) sebesar 0,430 menunjukkan pengaruh yang diberikan penyesuaian diri terhadap perilaku sosial Siswa Cerdas Istimewa sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak diteliti.

                Kata Kunci : penyesuaian diri, perilaku sosial, akselerasi

Diterbitkan
2017-01-26
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 71