STRATEGI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TIMUR UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGAWASI PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK

  • Ieta Methariani

Abstrak

Abstark

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur untuk menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat dalam mengawasi penyelenggara pelayanan publik. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik snowball sampling dengan jumlah 4 informan. Kriteria informan yang dipilih adalah pelaksana kegiatan dari program sosialisasi Ombudsman.  Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara kemudian data dianalisis dengan model analisis data Miles and Huberman. Teori yang digunakan yakni teori partisipasi yang didukung dengan model komunikasi Lasswell. Hasil temuan dalam penelitian ini sebagai berikut:Pelaksanaan program sosialisasi tahun 2016 dilakukan secara tatap muka yaitu memberikan pendidikan kepada ormas, ormek dan penyelenggara pelayanan publik. Secara tidak tatap muka dilakukan melalui media elektronik dan media cetak. Evaluasi program sosialisasi tahun 2017 terdapat faktor pendorong yaitu masyarakat banyak yang belum mengenal Ombudsman dan pelayanan publik yang masih cenderung buruk. Faktor penghambatnya adalah anggaran sedikit untuk program sosialisasi, medan/lingkungan, jumlah peserta yang tidak sesuai undangan. Perencanaan prorgam sosialisasi tahun 2017 dilakukan secara tatap muka dengan pondok-pondok pesantren dan penyelenggara pelayanan publik. Untuk secara tidak tatap muka melalui media elektronik dan media cetak. Akan tetapi tahun 2017 akan membentuk Sahabat Ombudsman disetiap daerah.

Kata Kunci: Strategi, Ombudsman Jawa Timur, Partisipasi Masyarakat

Diterbitkan
2017-05-10
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 53