PERAN PENGURUS DAN PEMBINA EKSTRAKURIKULER PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI SMA PAWIYATAN DAHA KEDIRI

  • LEHA SILFIANA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang peran ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Pawiyatan Daha Kediri. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 13 orang.  Informan dalam penelitian ini adalah pengurus dan pembina PIK-R. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Miles and Huberman yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peran PIK-R SMADAHA CARE Kediri dalam mencegah kenakalan remaja, yaitu melalui konselor sebaya, sosialisasi, dan pelatihan life skill. Konselor sebaya berperan untuk membantu siswa/siswi SMA Pawiyatan Daha Kediri dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi agar mereka tidak salah dalam mengambil jalan keluar. Sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan informasi dan pengetahuan seputar permasalahan Triad KRR (HIV/AIDS, NAPZA, Seks Bebas). Pelatihan life skill adalah pelatihan ketrampilan hidup yang diberikan kepada remaja untuk membekali mereka dalam menghadapi kehidupan di masa depan.

Kata Kunci: PIK-R, Kenakalan Remaja, Ekstrakurikuler, Konselor Sebaya

Published
2017-05-12
How to Cite
SILFIANA, L. (2017). PERAN PENGURUS DAN PEMBINA EKSTRAKURIKULER PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI SMA PAWIYATAN DAHA KEDIRI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(02). https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n02.p%p
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 257