TINGKAT SELF REGULATED LEARNING SISWA AKSELERASI DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO

  • FIRMAN BUDI PRATAMA

Abstrak

Abstrak

 

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan self regulated learning dan bentuk-bentuk self regulated learning yang dilakukan oleh siswa akselerasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel ialah nonprobality sampling berupa sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa akselerasi melakukan self regulated learning dalam pembelajaran dengan persentase 17% pada kriteria sangat tinggi, 58% pada kriteria tinggi, dan 25% pada kriteria sedang. Siswa akselerasi melakukan self regulated learning dalam bentuk personal function, behavioral function, dan environmental function. Perhitungan pada setiap bentuk self regulated learning menunjukkan bahwa personal function siswa akselerasi termasuk pada kategori sedang dengan skor sebesar 71, behavioral function pada kategori sedang dengan skor sebesar 72,5, dan environmental function pada kriteria tinggi dengan skor 76,9.

 

Kata Kunci: Self Regulated Learning, Siswa Akselerasi

Diterbitkan
2017-07-20
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 51