STRATEGI ADAPTASI SISWA PEREMPUAN DI SMK KAL 1 SURABAYA
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengungkap strategi siswa perempuan dalam beradaptasi di lingkungan sekolah yang maskulin. Teori yang digunakan adalah teori adaptasi budaya oleh John Bennet. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Informan penelitian ini adalah 11 siswa perempuan di Sekolah Menengah Kejuruan KAL 1 Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan data interaktif menurut Miles dan Hubesman yang terdiri atas kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan untuk beradaptasi di lingkungan yang berbeda SMK KAL 1 Surabaya dengan menggunakan strategi adaptasi yaitu berpenampilan dan berperilaku maskulin, mempertahankan perilaku feminim dan berteman dengan siswa perempuan, sharing and caring untuk penguatan diri dan berteman dengan siswa laki-laki dan perempuan. Teori adaptasi sosial John Bennet yaitu strategi adaptasi perilaku digunakan untuk menghadapi perbedaan, strategi adaptasi siasat digunakan untuk menghadapi penolakan, serta strategi adaptasi proses digunakan untuk cari persamaan dari kesulitan yang dihadapi siswa perempuan yang menjadikan siswa perempuan tersebut sebagai self objection.
Kata Kunci: strategi adaptasi, siswa perempuan, self objection, sekolah maskulin.
PDF Downloads: 296