UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GOTONG ROYONG PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

  • Sittah Shofiana Fahriani

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan siswa yang kurang peduli dalam menumbuhkan perilaku gotong royong pada diri siswa serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan perilaku gotong royong pada diri siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memberikan deskripsi tentang persoalan-persoalan yang dimaksud sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan selama penelitian dilakukan dan data tersebut diolah secara kualitatif. Untuk pengumpulan data yakni dengan cara menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-D dan guru dipilih karena dianggap kesehariannya lebih mengerti dan dekat dengan siswa. Teknik analisis data dimulai dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan. Untuk memperoleh keabsahan data, maka dilakukan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan siswa yang kurang peduli dalam menumbuhkan perilaku gotong royong pada siswa yakni karena faktor-faktor yang berasal dari lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Upaya guru dalam menumbuhkan perilaku gotong royong pada siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dengan cara guru melakukan pendekatan secara langsung yakni dengan memberikan tugas secara berkelompok pada proses pembelajaran berlangsung serta arahan terhadap siswa.

Kata Kunci: : pendidikan, perilaku gotong royong, upaya guru

Published
2018-01-26
How to Cite
Shofiana Fahriani, S. (2018). UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GOTONG ROYONG PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(01). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n01.p%p
Abstract Views: 296
PDF Downloads: 1050