PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG, MOJOKERTO

  • RIZKY PUTRI MASUDAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Karena dalam proses pembelajaran, siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang diberikan guru di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Dawarblandong. Dalam penelitian ini media pembelajaran yang digunakan adalah media audio-visual khususnya yaitu melalui penggunaan media video animasi.  Dalam penelitian ini media video animasi tersebut diujicobakan kepada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Dawarblandong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan postest dengan teknik purpose sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dawarblandong, Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah satu kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah empat puluh lima siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test yang berbentuk pilihan ganda. Meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa. Hasil temuan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada saat melakukan pre-test dan setelah melakukan post-test. Rata-rata hasil belajar pada pre-test siswa menunjukkan 50,933333, sedangkan rata-rata hasil belajar pada saat post-test yaitu 59,8666667. Dengan demikian, maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Dawarblandong.

Kata Kunci: media video animasi, hasil belajar

Published
2018-01-26
How to Cite
PUTRI MASUDAH, R. (2018). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG, MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(01). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n01.p%p
Abstract Views: 592
PDF Downloads: 340