IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SMP AN NAJIYAH SURABAYA

  • YOSANDRA ALFIAN
  • TOTOK SUYANTO

Abstract

Abstrak Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui upaya dilakukan sekolah dalam implementasi budaya religius di Sekolah Menengah Pertama An najiyah Surabaya dan sebagai upaya untuk mengatasi perilaku siswa yang menyimpang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan mengambil latar SMP An najiyah Surabaya, observasi, dokumentasi. Untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah dalam menangani kenakalan siswa di SMP An najiyah Surabaya.Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikam kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang telah peneliti lakukan dapat di simpulkan dengan menemui tiga narasumber yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan konseling. Kebijakan sekolah dalam rangka mengatasi kenakalan remaja di bagi menjadi tiga upaya yaitu kuratif, represif dan preventif. Program yang di buat sekolah dalam rangka pemberian peringatan dan nasehat, adanya sanksi yang mendidik, adanya kegiatan instrupsi mendadak, pembentukan tim tata tertib, program dan sensitifitas guru yang kurang maksimal dalam rangka menegakkan peraturan sekolah sumber Daya Manusia yang kurang, citra lama sekolah tawuran yang masih melekat pada SMP An najiyah, Sistem keteladanan guru yang kurang berjalan optimal, masih adanya orang tua yang membela kesalahan anak dan anak kurang terbuka terhadap permasalahan yang sedang di hadapi.
Kata kunci: kebijakan sekolah, perilaku menyimpang.
Published
2018-07-27
How to Cite
ALFIAN, Y., & SUYANTO, T. (2018). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SMP AN NAJIYAH SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract Views: 249
PDF Downloads: 186