PERAN GURU PPKN SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME DI SMA TARBIYYAH GHULAM WAL BANNAT KABUPATEN JOMBANG KELAS XI

  • DIMAS NURDIANSYAH
  • I MADE SUWANDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan sikap Nasionalisme di sekolah berbasis cinta tanah air. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data adalah teknik triangagulasi sumber. Pengambilan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan sikap Nasionalisme yang tercermin dari empat kemampuan peran sebagai motivator dengan cara memperkenalkan Negara dan Bangsa yang didukung dengan sarana sekolah dan kegiatan akademik. Sebagai pengawas dengan cara melihat gejala psikologis dan menjaring keterikatan pada siswa. Sebagai pembina dengan cara aktif ikut serta dalam kegiatan sekolah. Sebagai penegak aturan dengan cara memberikan pengertian kesalahan setelah itu tahapan sanksi

Kata Kunci : Peran guru, pendidik, menumbuhkan sikap, Nasionalisme

Published
2018-07-28
How to Cite
NURDIANSYAH, D., & MADE SUWANDA, I. (2018). PERAN GURU PPKN SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME DI SMA TARBIYYAH GHULAM WAL BANNAT KABUPATEN JOMBANG KELAS XI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 113