TANGGUNG JAWAB PANTI ASUHAN AL MUMIN SURABAYA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PADA BIDANG PENDIDIKAN

  • ABDUL ROUF IRJAMJAM
  • MAYA MUSTIKA KARTIKA SARI

Abstract

Abstrak

Dalam hal ini anak merupakan aset suatu negara, aset tersebut harus dilindungi dan dirawat oleh orang tua maupun keluarga. Namun peran orang tua maupun keluarga belum memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak malah membuat anak menjadi tidak optimal. Misalnya anak terlantar, anak yang menjadi korban kekerasan orang tua dan lain sebagainya. Sehingga pada skripsi ini penting untuk dilakukan agar dapat memberikan wujud perilaku tanggung jawab panti asuhan Al–Mu’min Surabaya dalam mewujudkan kesejahteraan sosial anak pada bidang pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah pihak panti asuhan yaitu ketua panti asuhan yang bertugas dalam mengatur jajaran staf, maupun anak asuh, kemudian bendahara panti asuhan yang bertugas melakukan kepengurusan dalam mendampingi ketua panti asuhan, dan anak asuh yang sudah menjadi anak asuh selama 16 tahun. Jumlah informan ini adalah tiga orang. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah Wujud perilaku tanggung jawab panti asuhan dalam mewujudkan kesejahteraan sosial anak pada bidang pendidikan dapat melalui pengasuhan dan perawatan anak, serta pembimbingan anak. Wujud perilaku tanggung jawab pengasuhan dan perawatan anak di lakukan dengan pemenuhan kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan keamanan dan perhatian kasih sayang, kebutuhan sosial, serta kebutuhan atas keberadaan. Sedangkan wujud perilaku tanggung jawab pembimbingan anak di lakukan dengan pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri (mengembangkan skill, potensi, memberikan kritik dan saran), serta kebutuhan pendidikan (formal, nonformal, informal).

Kata Kunci: Tanggung jawab, Pendidikan, Panti asuhan, Kesejahteraan Sosial

Published
2018-07-28
How to Cite
ROUF IRJAMJAM, A., & MUSTIKA KARTIKA SARI, M. (2018). TANGGUNG JAWAB PANTI ASUHAN AL MUMIN SURABAYA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PADA BIDANG PENDIDIKAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 31