SIKAP TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA PADA SMA MUHAMMADIYAH 4 PORONG

  • WAHYU WIDHAYAT
  • OKSIANA JATININGSIH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap toleransi kehidupan beragama di kalangan siswa. penelitian ini menggunakan teori albert bandura tentang teori pembelajaran social. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan sumber data yang digunakan, maka diperoleh tabulasi nilai dari sejumalah sampel yang ditentukan dalam penelitian. Cara memperoleh data yaitu menyebarkan angket pada sejumlah sampel dan wawancara terhadap beberapa sampel untuk memperkuat hasil dari angket. Sumber data diperoleh dari sampel yang ditentukan yaitu 44 siswa yang dibagi kedalam 3 kelas. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1.) 4,6% siswa memiliki sikap toleransi baik dengan skor 121-160 sedang, 95,4% memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi. Sikap toleransi siswa SMA Muhammadiyah 4 Porong sangat baik dengan presentase 95,4%, 2.) Jika dikelompokan dalam 5 (lima) skala (sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik, sangat tidak baik) dapat diketahui 4,6% atau sebanyak 2 siswa memiliki sikap toleransi yang baik dengan kalkulasi nilai antara 121-160, sisanya yaitu 95,4% atau sebanyak 42 siswa memiliki sikap toleransi yang sangat baik dengan kalkulasi nilai antara 161-200. 3.) menurut Yosef lalu (2010), peneliti dapat mengkategorikan toleransi yang ada pada SMA tersebut masuk kedalam sikap toleransi positif berdasarkan hasil penelitian di SMA Muhammadiyah 4 Porong

Kata Kunci: Sikap toleransi, Antarumat beragama.

Published
2018-07-30
How to Cite
WIDHAYAT, W., & JATININGSIH, O. (2018). SIKAP TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA PADA SMA MUHAMMADIYAH 4 PORONG. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract Views: 1122
PDF Downloads: 3338