Pengaruh Pemahaman Ecopreneur terhadap Sikap Wirausaha Siswa di SMPN 23 Surabaya

Authors

  • FITRI USWATUN HASANAH
  • RADEN RORO NANIK SETYOWATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n3.p%25p

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemahaman ecopreneur terhadap sikap wirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi yang dilakukan di SMPN 23 Surabaya dengan populasi 1099 siswa dan diambil sampel sebanyak 92 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk variabel pemahaman ecopreneur dan angket untuk variabel sikap wirausaha. Untuk mengetahui pengaruh pemahaman ecopreneur terhadap sikap wirausaha siswa menggunakan Uji T dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan perhitungan Uji T menghasilkan thitung > ttabel, yaitu 10,586>1,986 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman ecopreneur terhadap sikap wirausaha siswa. Hal ini didukung dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,745 yang berarti memiliki hubungan yang kuat. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi pemahaman ecopreneur siswa semakin tinggi pula sikap wirausaha siswa. Selain itu, didukung dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,555, yang berarti pemahaman ecopreneur menyumbang pengaruh sebesar 55,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor yang lain. Terdapat pengaruh positif antara pemahaman ecopreneur terhadap sikap wirausaha siswa di SMPN 23 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan program SPSS 16.0 persamaan analisis regresi yaitu Y=61,241+2,15. Pemahaman ecopreneur dibentuk melalui interaksi formal maupun non formal, yang selanjutnya membentuk sikap wirausaha siswa.

Kata Kunci: Pengaruh, Pemahaman ecopreneur, Sikap wirausaha

Abstract

This study aims to examine the effect of ecopreneur understanding on students entrepreneurial attitudes. This study uses a quantitative approach with regression design conducted at SMPN 23 Surabaya with a population of 1099 students and taken a sample of 92 students. Data collection used is multiple choice test for ecopreneur understanding variables and questionnaire for entrepreneurial attitude variables. To determine the effect of ecopreneur understanding on students entrepreneurial attitudes using the T Test with the help of the SPSS program. Based on the calculation of T Test, it produces tcount> ttable, that is 10,586> 1,986 which means that there is a significant influence of ecopreneur understanding on students entrepreneurial attitudes. This is supported by the results of the correlation coefficient of 0.745 which means having a strong relationship. This can mean that the higher the ecopreneur understanding of students the higher the entrepreneurial attitude of students. In addition, it is supported by the coefficient of determination of 0.555, which means that the understanding of ecopreneur contributes 55.5%, while the rest is influenced by other factors. There is a positive influence between ecopreneur understanding of entrepreneurial attitudes of students in SMPN 23 Surabaya academic year 2018/2019. This is shown based on the results of calculations with the help of SPSS 16.0 equation regression analysis, namely Y = 61.241 + 2.15. Ecopreneur understanding is formed through formal and non-formal interactions, which further shapes students entrepreneurial attitudes.

Keywords: Influence, Ecopreneur understanding, Entrepreneurial attitude

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-15

How to Cite

USWATUN HASANAH, F., & RORO NANIK SETYOWATI, R. (2018). Pengaruh Pemahaman Ecopreneur terhadap Sikap Wirausaha Siswa di SMPN 23 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n3.p%p
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 147