Peran Pengurus Ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam Dalam Mengembangkan Moral Anggota Di SMAN 1 Kertosono

  • DIMAS ANSHORI
  • MUHAMMAD TURHAN YANI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pengurus ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam dalam mengembangkan moral anggota di SMAN 1 Kertosono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 1 Kertosono yang terletak di Jl Panglima Sudirman No 10 Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur. Informan dalam penelitian ini adalah Pembina SKI, Ketua SKI, dan juga anggota yang berperan aktif dalam kegiatan SKI. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peran pengurus ekstrakurikuler SKI dalam mengembangkan moral anggotanya adalah melalui berbagai kegiatan seperti kegiatan harian, kegiatan mingguan dimana kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan-kegiatan yang diprogramkan untuk lebih memperdalam ilmu agama khususnya agama islam yang nantinya akan membentuk moral anggota SKI.

Kata Kunci: Peran, Ekstrakurikuler SKI, Perkembangan Moral.

Abstract

The purpose of this study was to describe the role of Division extracurricular board of Islamic Spirituality in developing member morale in SMAN 1 Kertosono. The method used in this research is qualitative descriptive. The location of the study was conducted at SMAN 1 Kertosono located in Jl Panglima Sudirman Number 10 Kertosono, Nganjuk, East Java. The informants in this study were SKI coaches, SKI Chairmen, and also members who played an active role in SKI activities. Data collection uses interviews, participant observation and documentation. Data analysis techniques are carried out in three stages, namely data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study are the role of SKI extracurricular administrators in developing the morale of their members through various activities such as daily activities, weekly activities where these activities are programs that are programmed to further deepen the science of religion, especially Islam, which will shape the morale of SKI members.

Keywords: Role, SKI Extracurricular, Moral Development.








Published
2018-11-08
How to Cite
ANSHORI, D., & TURHAN YANI, M. (2018). Peran Pengurus Ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam Dalam Mengembangkan Moral Anggota Di SMAN 1 Kertosono. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n3.p%p
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 76