PERBANDINGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA ANTARA PESERTA DIDIK DI BOARDING SCHOOL DAN NON BOARDING SCHOOL DI SMP LUQMAN AL HAKIM SURABAYA DAN SMPN 21 SURABAYA

  • MOH. ZAINAL ARIFIN
  • OKSIANA JATININGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sikap toleransi beragama antara peserta didik di boarding school dan non boarding school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparasi yang dilakukan di SMP Luqman Al Hakim Surabaya dan SMPN 21 Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 287 peserta didik, terdiri dari 50 peserta didik dari SMP Luqman Al Hakim dan 237 peserta didik dari 237 peserta didik SMPN 21 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Untuk mengetahui perbandingan sikap toleransi beragama menggunakan rumus independent sample T-test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian diperoleh nilai independent sample T-test sebesar 0,586, berdasarkan asumsi hipotesis apabila nilai independent sample T-test > 0,05 maka Ho diterima, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan sikap toleransi beragama peserta didik di boarding school dan non boarding school. Alasan tidak ada perbedaan sikap toleransi beragama adalah antara SMP Luqman Al Hakim dan SMPN 21 Surabaya saling memberikan penguatan. Penguatan yang di berikan SMP Luqman Al Hakim melalui pembiasaan, program pembelajaran dan keteladanan, sedangkan penguatan yang diberikan SMPN 21 Surabaya melalui interaksi antara peserta didik yang berbeda agama kegiatan doa bersama. Penguatan yang diberikan antara SMP Luqman Al Hakim dan SMPN 21 Surabaya memberikan pengaruh terhadap sikap toleransi beragama.

Kata Kunci : Sikap toleransi beragama, boarding school, non boarding school






Published
2018-12-12
How to Cite
ZAINAL ARIFIN, M., & JATININGSIH, O. (2018). PERBANDINGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA ANTARA PESERTA DIDIK DI BOARDING SCHOOL DAN NON BOARDING SCHOOL DI SMP LUQMAN AL HAKIM SURABAYA DAN SMPN 21 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n3.p%p
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 362