Persepsi Siswa Tentang Sistem Pemberian Sanksi Oleh Sekolah Terhadap Pelanggaran Peraturan Tata Tertib Sekolah Di Kelas X, XI, XII SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang pemberian sanksi oleh sekolah terhadap pelanggaran peraturan tata tertib sekolah di kelas X, XI, XII SMA Negeri 1 Gondang, Mojokerto. Persepsi yang dimaksud di sini berdasarkan tanggapan siswa tentang pemberian sanksi yang diberlakukan di dalam lingkungan sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gestalt mengenai persepsi yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 800 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 161 responden diantaranya kelas X, XI, dan XII. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pernyataan setuju sebanyak 143 (89%) dan pernyataan tidak setuju sebanyak 18 (11%) terhadap pernyataan sanksi siswa yang tidak mengkuti kegiatan di sekolah dan sumber siswa melanggar tata tertib sekolah jadi dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data mayoritas siswa menyatakan setuju dengan adanya pemberian sanksi tata tertib yang diberlakukan di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Gondang.
Kata Kunci: Persepsi, Sanksi, Tata Tertib.
PDF Downloads: 129