PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENANAMKAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA TUNARUNGU SLB VETERAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p459-473Abstract
AbstrakTanggungjawab merupakan salah satu hal yang penting dalam pembentukan kepribadian anak. Media gambar bisa menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran PKn pada anak tunarungu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru PKn dalam menanamkan tanggungjawab pada siswa, untuk mengetahui hambatan yang dialami guru PKn dalam penerapan media gambar untuk menanamkan tanggungjawab dan untuk mengetahui cara mengatasi hambatan dalam penerapan media gambar untuk menanamkan tanggungjawab pada siswa tunarungu SLB Veteran Sidoarjo.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa tunarungu SLB Veteran Sidoarjo yang berjumlah 10 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam jurnal ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, angket, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif.
Penerapan media gambar dalam pembelajaran PKn untuk menanamkan tanggungjawab pada siswa tunarungu SLB Veteran Sidoarjo dilakukan dengan baik yaitu 76% menurut hasil angket dari siswa, namun dalam pelaksanaannya terjadi beberapa hambatan yang dialami oleh guru PKn. Hambatan-hambatan tersebut adalah kondisi lingkungan, kurangnya komunikasi baik guru dengan siswa, siswa dengan guru, guru dengan orang tua siswa dan kondisi fasilitas sekolah yang tidak memadai. Cara mengatasi hambatan tersebut dengan memberikan dukungan lingkungan pendidikan yang memadai, meningkatkan komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa, serta meningkatkan fasilitas belajar mengajar.
Kata Kunci: media gambar, pembelajaran PKn, tanggungjawab.
Abstract
Responsibility is one of the things that are important in the formation of the child's personality. Media images can be an alternative in civics learning in children with hearing impairment. The research objective was to determine the Civics teacher effort in instilling responsibility in students, to find out the barriers experienced Civics teachers in the application of media images to instill responsibility and to learn how to overcome obstacles in the application of media images to instill responsibility in students with hearing SLB Veteran Sidoarjo.
The subjects were all deaf students SLB Veteran Sidoarjo totaling 10 students. To obtain the necessary data in this thesis used several data collection techniques include interviews, questionnaires, and observations. Data analysis was descriptive quantitative techniques.
The application of media images in teaching civics to instill responsibility in students with hearing SLB Veteran Sidoarjo done well is 76% according to the results of the student questionnaires, but in practice occurred several barriers experienced by Civics teacher. These constraints are environmental conditions, lack of communication, both teachers and students, students and teachers, teachers with parents and the condition of school facilities are inadequate. How to overcome these obstacles by providing adequate educational support environment, improve communication with students and parents, as well as improving teaching and learning facilities.
Keywords: media images, learning Civics, responsibility.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-05-24
How to Cite
Pradhana, S. (2013). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENANAMKAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA TUNARUNGU SLB VETERAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 459–473. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p459-473
Issue
Section
Articles

