HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 KRIAN

  • MOHAMMAD FARIZAL ARDIANSYAH
  • TOTOK SUYANTO

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Krian. Sampel penelitian berjumlah 75 peserta didik kelas VII dengan pengambilan sampel 7-8 siswa per kelas dengan jumlah populasi penelitian ini sebesar 315 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket. Untuk mengetahui minat belajar dengan kemandirian belajar dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh nilai r sebesar 0,83, berdasarkan asumsi hipotesis apabila nilai rhitung > rtabel dengan taraf signifikansi sebesar 5% maka Ho ditolak, sehingga ada hubungannantara minat belajar dengan kemandirian belajar siswa pada pelajaran PPKn. Hubungan antara minat belajar dengan kemandirian belajar pada mata pelajaran PPKn tergolong sangat tinggi karena nilai r terletak pada rentang 0,80-1,00. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa antara minat belajar dengan kemandirian belajar pada mata pelajaran PPKn memiliki korelasi positif dimana semakin besar minat belajar siswa, semakin besar juga kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan nilai r sebesar 0,83 dan hubungan antar variabel tergolong tinggi dengan rentang nilai r antara 0,80-1,00.






Published
2019-01-16
How to Cite
FARIZAL ARDIANSYAH, M., & SUYANTO, T. (2019). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 KRIAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n1.p%p
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 301