STRATEGI PEMBINA KOPERASI SISWA DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI DAN KEKELUARGAAN SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

  • ADLINA AINUL YAQIN
  • RADEN RORO NANIK SETYOWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembina koperasi siswa dalam menanamkan karakter mandiri dan kekeluargaan siswa di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Teori yang digunakan adalah teori Observational Learning Albert Bandura. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Jl. Raya Pulorejo, Prajuritkulon Mojokerto. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Strategi pembina koperasi siswa dalam menanamkan karakter mandiri melalui pembiasaan dilakukan dengan membiasakan pengurus koperasi siswa dan para siswa yang mendapatkan piket jaga koperasi, terbiasa menjaga sendirian mulai dari pelayanan ke pembeli, kemudian pemesanan barang yang dijual dikoperasi dan pencatatan laporan barang yang telah terjual di dalam buku besar. Sedangkan re-check laporan penjualan dilakukan dengan mengevaluasi pencatatan barang yang terjual juga merekap barang yang akan habis kemudian dilakukan pemesanan barang atau kulakan. Strategi pembina koperasi siswa dalam menanamkan karakter kekeluargaan melalui keteladanan dilakukan dengan bersikap selalu mengayomi pengurus koperasi dan siswa. Sedangkan melalui pelayanan yang ramah dilakukan dengan menekankan asas kekeluargaan dalam berkoperasi kepada para pengurus dan parapetugas piket koperasi siswa.

Kata Kunci: Strategi Pembina Koperasi Siswa, Mandiri, Kekeluargaan




Published
2019-01-22
How to Cite
AINUL YAQIN, A., & RORO NANIK SETYOWATI, R. (2019). STRATEGI PEMBINA KOPERASI SISWA DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI DAN KEKELUARGAAN SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n1.p%p
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 219