PEMENUHAN HAK WARGA NEGARA OLEH NEGARA (STUDI AKSES PENDIDIKAN KEPERCAYAAN BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PENGHAYAT KEROKHANIAN SAPTA DARMA CABANG SURABAYA)

  • BARIQ MAULANA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemenuhan hak akses pendidikan kepercayaan oleh negara bagi peserta didik penghayat Kerokhanian Sapta Dharma Cabang Surabaya yang bersekolah di SMA Negeri 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan teknik-teknik meliputi triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pemenuhan Hak Penghayat Kepercayaan Kerokhanian Sapta Dharma Cabang Surabaya sudah terpenuhi sejak tahun 2016 dibuktikan dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi No. 97/PUU-XIV/2016 yang mengabulkan gugatan pemohon untuk mencantumkan kolom penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan terbit Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 27 Tahun 2016 tentang layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Layanan Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan. (2) Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 27 Tahun 2016 Tentang layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Layanan Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan. yang menghasilkan bahwa penghayat kerokhanian Sapta Dharma Cabang Kota Surabaya melaksanakan pendidikan kepercayaan di SMA Negeri 9 Surabaya dengan sarana dan prasarana yang masih kurang memadai sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA.

Kata Kunci : Pendidikan Kepercayaan, Sapta Darma, Penghayat Kepercayaan
Published
2019-05-17
How to Cite
MAULANA, B. (2019). PEMENUHAN HAK WARGA NEGARA OLEH NEGARA (STUDI AKSES PENDIDIKAN KEPERCAYAAN BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PENGHAYAT KEROKHANIAN SAPTA DARMA CABANG SURABAYA). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n1.p%p
Abstract Views: 379
PDF Downloads: 377