PERAN PELATIH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER BARISAN PENGIBAR BENDERA (BARA) DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANGGOTA DI SMA NEGERI 3 TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%25pAbstract
AbstrakPenelitianainiabertujuan untuk mendeskripsikan peran pelatih kegiatan ekstrakulikuler Barisan Pengibar
Bendera (BARA) dalam membentuk kedisiplinan anggota di SMA Negeri 3 Tuban. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 3 Tuban
dengan populasi 64 anggota BARA dan diambil sampel sebanyak 64 anggota BARA. Pengumpulan data
yang digunakan adalah angket. Uji coba angket dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peran pelatih kegiatan ekstrakulikuler BARA dapat membentuk kedisiplinan anggota. Tiga indikator yang
menjadi tolok ukur dalam penelitian ini yaitu pengetahuan, perilaku dan simbol/atribut. Pada indikator
pengetahuan diperoleh skor berjumlah 1981 dengan rata-rata 30,95 yang termasuk dalam kategori baik
sekali. Pada indikator perilaku diperoleh skor berjumlah 3937 dengan rata-rata 61,51 yang termasuk
dalam kategori baik sekali. Pada indikator simbol/atribut diperoleh skor berjumlah 2366 dengan rata-rata
36,96 yang termasuk dalam kategori baik sekali. Pembentukan kedisiplinan dilakukan pelatih BARA
melalui empat kegiatan yaitu pelantikan, Praktik Baris-Berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera (TUB),
diklat dan outbound.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Ekstrakulikuler Barisan Pengibar Bendera
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-25
How to Cite
RISNAWATI, Y., & LISTYANINGSIH. (2019). PERAN PELATIH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER BARISAN PENGIBAR BENDERA (BARA) DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANGGOTA DI SMA NEGERI 3 TUBAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Issue
Section
Articles

