PARTISIPASI KOMUNITAS RUMAH BELAJAR PANDAWA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK JALANAN DI SURABAYA

  • SITI NUNING NURFATIMAH
  • MAYA MUSTIKA KARTIKA SARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk partisipasi komunitas Rumah Belajar Pandawa dalam memberikan bimbingan perilaku prososial pada anak jalanan di kecamatan Ngagel, kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berjenis kualitatif diskriptif. Terdapat lima Informan penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini yang terdiri dari pengurus komunitas Rumah Belajar Pandawa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian yaitu bentuk keterlibatan komunitas Rumah Belajar Pandawa dalam memberikan bimbingan perilaku prososial pada anak jalanan di kecamatan Ngagel, kota Surabaya. Hasil dari penelitian dikaji dengan menggunakan teori belajar sosial dari Albert Bandura. Bentuk partisipasi komunitas Rumah Belajar Pandawa ditunjukkan melalui keterlibatan tenaga dan keterlibatan materill, keterlibatan tenaga dituangkan dengan kegiatan mengajarkan tindakan prososial, mengajak sikap yang religius dan menggerakkan sikap peduli lingkungan, sedangkan dukungan materil berupa dukungan finansial dan sarana prasarana belajar. Kata Kunci: Partisipasi, Perilaku Prososial, Anak Jalanan.






Published
2019-07-18
How to Cite
NUNING NURFATIMAH, S., & MUSTIKA KARTIKA SARI, M. (2019). PARTISIPASI KOMUNITAS RUMAH BELAJAR PANDAWA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK JALANAN DI SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 152