MEKANISME SEKOLAH RAKYAT BHINNEKA (SRB) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBHINNEKAAN PADA ANAK-ANAK DI LIDAH KULON, SURABAYA

  • DEWANTYA UJI PRAMUDYA
  • MAYA MUSTIKA KARTIKA SARI

Abstract

Abstrak

Sekolah Rakyat Bhinneka (SRB) merupakan salah satu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Surabaya. SRB didirikan melalui kerja sama antara Mahasiswa Unesa dengan Masyarakat guna memberikan tambahan pengetahuan kepada anak-anak usia sekolah di Lidah Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme SRB dalam menanamkan nilai-nilai kebhinnekaan pada anak usia sekolah di Lidah Kulon. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan metode yang digunakan SRB dalam menanamkan nilai-nilai kebhinnekaan pada anak usia sekolah di Lidah Kulon berdasarkan pada teori nilai-nilai kebhinnekaan dalam praktik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dengan narasumber dan studi arsip milik SRB untuk memperoleh data primer dan sekunder penelitian. Penelitian dilakukan di sekretariat SRB dan lokasi pembelajaran SRB di Lidah Kulon. Narasumber penelitian ini adalah kepala SRB, pembina SRB, dan salah satu volunteer SRB. Dari penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: (1) SRB menanamkan nilai-nilai kebhinnekaan melalui proses pembelajaran dalam kelas dan pembelajaran luar kelas; (2) Pembelajaran dalam kelas dilakukan lewat pemberian materi kebhinnekaan dan wawasan nusantara; (3) Pembelajaran luar kelas dilakukan melalui kunjungan-kunjungan yang dianggap representatif terhadap praktik nilai-nilai kebhinnekaan yang ada di tengah masyarakat; (4) Tidak ditemukan praktik upaya SRB dalam menanamkan nilai keadilan. Saran yang diberikan peneliti untuk meiningkatkan kinerja SRB adalah sebagai berikut: (1) Menambah jam pembelajaran kbihnnekaan dan wawasan nusantara; (2) Nilai kerukunan dan keadilan perlu diperhatikan lebih; (3) Menambah macam kegiatan pembelajaran luar kelas; (4) Memaksimalkan sumber daya internal dan eksternal guna meningkatkan kapasitas pembelajaran SRB.

Kata kunci : Sekolah Rakyat, Nilai-Nilai Kebhinnekaan, Pembelajaran.

Published
2019-07-19
How to Cite
UJI PRAMUDYA, D., & MUSTIKA KARTIKA SARI, M. (2019). MEKANISME SEKOLAH RAKYAT BHINNEKA (SRB) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBHINNEKAAN PADA ANAK-ANAK DI LIDAH KULON, SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 61