IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • FITRIYA DWI ANTINI
  • AGUS SATMOKO ADI

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelementasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Pendidikan kepramukaan oleh Gerakan Pramuka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya. Lokasi Penelitian berada di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Nilai-Nilai Pancasila yang tercermin dalam kegiatan pendidikan kepramukaan di Gerakan Pramuka SMKN 1 Surabaya meliputi nilai spiritual dalam kegiatan jelajah malam pada kegiatan pendidikan dan pelatihan calon penegak, nilai kemanusiaan pada kegiatan Longmarch dimana peserta terjun langsung dengan masyarakat, nilai persatuan pada kegiatan Kemah festival ekstrakurikuler yakni menjalin kerjasama antar anggota pramuka, nilai demokratis pada kegiatan Musyawarah tingkat penegak yang menyusun anggaran dasar kerumahtanggan secara bersama-sama untuk dicapainya mufakat ambalan dan nilai kesamaan pada kegiatan latihan mingguan tercermin pada pemilihan petugas upacara setiap siswa memiliki hak yang sama untuk berkontribusi dalam kegiatan.Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan kepramukaan.

Abstract

This research aims to describe the implementation of Pancasila Values ​​through Scouting Education by the National Vocational High School 1 Scout Movement Surabaya. The research location was in SMK Negeri 1 Surabaya. This study uses a qualitative approach with descriptive data analysis. Research results show that Pancasila Values ​​reflected in scouting education activities at Scout Movement 1 of Surabaya Vocational High School include spiritual values ​​in night exploring activities in prospective enforcer education and training activities, humanitarian values ​​in longmarch activities where participants go directly with the community, the value of unity in extracurricular festival camp activities that are cooperating among scout members, democratic values ​​in enforcement level deliberation activities that jointly formulate a household charter to achieve a consensus agreement and the value of similarity in weekly exercise activities reflected in the election of ceremonial officers each student has the same right to contribute to activities.

Keywords: Implementation, Pancasila Values, Scouting Education.




Published
2019-07-22
How to Cite
DWI ANTINI, F., & SATMOKO ADI, A. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 279