KONSTRUKSI WARGA SEKOLAH TENTANG RELASI GENDER DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MAN 5 KABUPATEN KEDIRI

  • DINI ASLAMYAH
  • OKSIANA JATININGSIH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengungkap gambaran relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 5 Kabupaten Kediri, dan (2) Mengungkap faktor apa yang mempengaruhi terbentuknya konstruksi warga sekolah terkait relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 5 Kabupaten Kediri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik wawancara mendalam digunakan untuk mengetahui konstruksi informan mengenai relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang pelaksanaan relasi gender pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh OSIS. Teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari penggunaan observasi dan wawancara yang telah dilakukan sebelumnya karena dapat memberikan kebenaran atas fakta yang telah diketahui sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi warga sekolah tentang relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara umum sudah mengarah menuju egalitarian, meskipun terdapat guru agama yang cenderung patriarki. Faktor yang mempengaruhi konstruksi warga sekolah yakni (1) Pengaruh sosial budaya (2) Kultur sekolah (3) Pengaruh lingkungan keluarga.

Kata Kunci: Relasi Gender, OSIS, Konstruksi Warga Sekolah.




Published
2019-07-24
How to Cite
ASLAMYAH, D., & JATININGSIH, O. (2019). KONSTRUKSI WARGA SEKOLAH TENTANG RELASI GENDER DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MAN 5 KABUPATEN KEDIRI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 670