PERAN MAHASISWA ANGGOTA KOMUNITAS URBAN CARE DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA ANAK DI STREN KALI JAGIR SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap aktivitas mahasiswa anggota komunitas Urban Care dalam perannya untuk menumbuhkan karakter percaya diri pada anak yang tinggal di Stren Kali Jagir Kampung Baru Bratang Tangkis PDAM Surabaya. Berada di wilayah pemukiman liar dengan permasalahan sosial, terdapat anak-anak yang tinggal di daerah Jagir ini harapannya juga memiliki hak yang sama untuk dapat mengembangkan diri sehingga memiliki karakter percaya diri sangatlah penting sebagai modal dasar untuk pengembangan diri anak-anak di wilayah ini. Penelitian ini menggunakan teori peran (role theory) dari Bruce J. Biddle dan Edwin J. Thomas sebagai landasan teori. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa melalui aktivitas komunitas Urban Care yaitu “Ayo Belajar” dan “Ayo Berbudaya” terdapat kontribusi mahasiswa anggota komunitas Urban Care yang menunjukkan perannya dalam menumbuhkan karakter percaya diri anak yang tinggal di Stren Kali Jagir antara lain: (1) memberikan motivasi anak-anak didik dalam mendorong semangat belajar; (2) menumbuhkan potensi anak didik baik dari segi akademis maupun non akademis; (3) memberi kesempatan yang terbuka kepada anak-anak didik untuk lebih banyak berinteraksi dan mencoba melakukan hal baru.
Kata Kunci: peran, mahasiswa, karakter percaya diriPDF Downloads: 91