EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SAKU TERTIB SISWA DALAM MENDISIPLINKAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 3 PAMEKASAN

Authors

  • NUR CHOLIFAH SARI AGUSTIN
  • LISTYANINGSIH

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%25p

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku saku tertib siswa dalam mendisiplinkan siswa dan mengukur sejauh mana kedisiplinan siswa MTs Negeri 3 Pamekasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penguatan perilaku dari BF. Skinner. Penguatan perilaku tersebut dibagi menjadi 2 yaitu penguatan positif dengan memberikan penghargaan dan penguatan negatif salah satunya dengan memberikan hukuman kepada siswa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku saku tertib siswa dalam mendisiplinkan siswa MTs Negeri 3 Pamekasan menunjukkan hasil sangat disiplin dan dapat dikatakan efektif. Jika dilihat dari hasil keseluruhan indikator menunjukkan skor rata-rata 738,5 dan dibagi ke dalam lima kategori penskoran kedisiplinan menghasilkan skor 147,7 dan masuk dalam ketegori sangat disiplin. Hasil menunjukkan bahwa dari 212 responden sekitar 203 atau 96% melampaui standar ukuran efektifitas sikap disiplin yakni 76% sehingga dapat dibuktikan bahwa penggunaan buku saku tertib siswa efektif dalam mendisiplinkan siswa MTs Negeri 3 Pamekasan.

Kata Kunci: Efektivitas, Kedisiplinan, Buku Saku Tertib Siswa.

Abstract

The purpose of this research was to determine the effectiveness of the use student orderly pocket book in disciplining students and measuring the extent of discipline of MTs Negeri 3 Pamekasan students. This research uses the theory of reinforcement by B.F Skinner. Strengthening these behaviors is divided into 2, namely positive reinforcement by giving appreciation and negative reinforcement by giving punishment to students. This type of research uses descriptive quantitative methods. The results of research indicate that the use of a student orderly pocket book in disciplining students to show results is very disciplined and can be said to be effective. When viewed from the results of the overall indicator shows an average score 738.5 and divided into five categories of disciplinary scoring produces a score of 147.7 and included in the category of very disciplined. The results show that of 212 respondents around 203 or 96% exceeded the standard measure of effectiveness of disciplinary attitudes that is 76% so that it can be proven that the use of student orderly pocket book is effective in disciplining students at MTs Negeri 3 Pamekasan.

Keywords: Effectiveness, Discipline, Student Orderly Pocket Book.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-14

How to Cite

CHOLIFAH SARI AGUSTIN, N., & LISTYANINGSIH. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SAKU TERTIB SISWA DALAM MENDISIPLINKAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 3 PAMEKASAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract views: 97 , PDF Downloads: 322