STRATEGI GURU PPKn BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SMPLB-B DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK TUNARUNGU (YPATR) KARYA MULIA SURABAYA KECAMATAN WONOKROMO

  • SHOFYA DEVI
  • OKSIANA JATININGSIH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan wawasan kebangsaan pada peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn Tunarungu dan peserta didik tunarungu kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang berkaitan dalam meningkatkan wawasan kebangsaan pada peserta didik tunarungu dilihat dari cara guru memvisualkan setiap materi atau konsep pembelajaran yang dilengkapi dengan gambar bewarna yang dijadikan sebagai media pembelajaran dan melibatkan langsung peserta didik dalam pemanfaatan media. Guru mengoptimalkan materi Hak Asasi Manusia (HAM) dengan dukungan contoh disekitar lingkungan sekolah, serta adanya bantuan modul modivikasi sebagai bahan ajar peserta didik yang ditandai dengan kalimat singkat dan dilengkapi dengan gambar bewarna. Dengan demikian keseluruhan kegitan yang dilakukan peserta didik tidak dapat lepas dari alat bantu pembelajaran.

Kata Kunci: Strategi guru PPKn, Wawasan kebangsaan

Published
2019-08-22
How to Cite
DEVI, S., & JATININGSIH, O. (2019). STRATEGI GURU PPKn BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SMPLB-B DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK TUNARUNGU (YPATR) KARYA MULIA SURABAYA KECAMATAN WONOKROMO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 493
PDF Downloads: 546