IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH TIM PELAKSANA PPK DI SMP UNESA 1 SURABAYA

  • ULFA DIANA AKRIM
  • TOTOK SUYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program penguatan pendidikan karakter oleh tim pelaksana PPK di SMP UNESA 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengatan pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan hari Jumat. Adapun pembiasaan hari Jumat ini adalah Jumat taqwa sebagai bentuk implementasi dari aspek religius. Jumat bersih merupakan hasil implementasi aspek gotong royong. Pembiasaan Jumat sehat yang menerapkan aspek nasionalis dan mandiri. Selanjutnya Jumat curhat yang menerapkan dari aspek integritas. Faktor pendukung dalam implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP UNESA 1 Surabaya adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal disini, guru dan staf di sekolah menjadi model yang dapat dicontoh peserta didik dan faktor eksternalnya yaitu sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat dari implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP UNESA 1 Surabaya yaitu pada awal disosialisasikan program penguatan pendidikan karakter terdapat peserta didik yang acuh dan terdapat peserta didik yang tidak aktif dalam kegiatan, disebabkan masalah pribadi peserta didik yang kurang perhatian dari orang tua.

Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Implementasi
Published
2019-09-23
How to Cite
DIANA AKRIM, U., & SUYANTO, T. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH TIM PELAKSANA PPK DI SMP UNESA 1 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 154