PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DEDICATE DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA.

  • YUSMA NANDA
  • TOTOK SUYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pembentukan kedisiplinan siswa melalui program pendidikan karakter Dedicate di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI berjumlah 84 siswa. Lokasi penelitian ini di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Jl. Pucang Anom No. 91 Kertajaya, Gubeng, Kota Surabaya). Hasil penelitian ini ditinjau dari dua indikator yaitu indikator kepatuhan dan indikator keteraturan. Hasil dari indikator kepatuhan memperoleh persentase 2,38% masuk dalam kategori baik dan 97,6% masuk dalam kategori sangat baik. Dalam indikator keteraturan memperoleh persentase 4,76% masuk dalam kategori baik dan 95,23% masuk dalam kategori sangat baik. Jika ditinjau dari indikator kepatuhan yang termasuk pada kriteria baik dengan skor rata-rata 49,61% dan jika ditinjau dari indikator keteraturan yang termasuk pada kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 49,45%. Sehingga dapat disimpulkan program Dedicate berhasil membentuk kedisiplinan siswa.

Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Pembentukan Kedisiplinan, Program Sekolah.

Published
2019-09-23
How to Cite
NANDA, Y., & SUYANTO, T. (2019). PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DEDICATE DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n3.p%p
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 195