PERSEPSI SISWA TERHADAP KEBERADAAN POLISI SISWA (POLSIS) SEBAGAI ORGAN SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK (KAL) KHUSUS ANGKATAN LAUT 2 SURABAYA

  • ROHMAWATI KODJAH
  • TOTOK SUYANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap keberadaan polisi siswa sebagai organ sekolah dalam menegakkan kedisiplinan siswa di SMK Khusus Angkatan Laut 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI berjumlah 72 siswa. Lokasi penelitian ini di SMK KAL 2 Surabaya. Hasil Penelitian ini ditinjau dari tiga indikator yaitu indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal penjagaan, penindakan dan patroli.Hasil dari indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal penjagaan memperoleh persentase 48,61 % masuk dalam kategori persepsi baik dan 51,38% masuk dalam kategori persepsi sangat baik. Dalam indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal penindakan memperoleh persentase 36,11% masuk dalam kategori persepsi baik dan 63,88% masuk dalam kategori persepsi sangat baik. Dalam indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal patroli memperoleh persentase 51,38% masuk dalam kategori persepsi baik dan 48,61% masuk dalam kategori persepsi sangat baik. Jika ditinjau dari indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal penjagaan yang termasuk pada kategori persepsi sangat baik dengan skor rata-rata 36,61% dan jika ditinjau dari indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal penindakan yang termasuk pada kategori persepsi sangat baik dengan skor rata-rata 28,91% dan jika ditinjau dari indikator program kerja peran polisi siswa dalam hal patroli yang termasuk pada kriteria persepsi baik dengan skor rata-rata 27,83%. Sehingga dapat disimpulkan siswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan polisi siswa

Kata Kunci : Persepsi,Polisi Siswa,Kedisiplinan.

Abstract

This research aims to describe students perceptions of the presence of the police as a school organ in enforcing students discipline in the Navy Special SMK 2 Surabaya. This research uses quantitative research methods with a descriptive approach. Data collection techniques using closed poll. The samples in this study were grade X and XI students amounting to 72 students. The location of this research in special SMK KAL 2 Surabaya .The results of this study were reviewed from three indicators that are indicators of the work program of police roles in terms of care, enforcement and patrol. The result of the work program indicator of the student police role in regards to the care gained a percentage of 48.61% in the category of perception well and 51.38% entered in the category of perception is very good. In the Work program indicator the role of the student police in the event of Opaction gained a percentage of 36.11% entered in the category of perception well and 63.88% entered in the category of perception is very good. In the Work program indicator the role of police students in the event of patrol gained a percentage of 51.38% entered in the category of perception well and 48.61% entered in the category of perception is very good. If a review of the student Police role work program indicators in regard to the care that includes the criteria of perception is very good with an average score of 36.61% and if reviewed from the work program indicator of the student police role in the enforcement of the including on the criteria of perception is very good with an average score of 28.91% and if reviewed from the work program indicator of the student police role in the case of patrols that include the criteria of good perception with an average score of 27.83%. So that students can conclude a positive perception of the presence of police students.

Keywords: Perception, Police Students, Discipline.

Published
2020-06-29
How to Cite
KODJAH, R., & SUYANTO, T. (2020). PERSEPSI SISWA TERHADAP KEBERADAAN POLISI SISWA (POLSIS) SEBAGAI ORGAN SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK (KAL) KHUSUS ANGKATAN LAUT 2 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n2.p%p
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 204