STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 LAMONGAN MELALUI INTEGRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p364-378Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil pencapaian pembentukan karakter siswa SMK Negeri 1 Lamongan melalui integrasi mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Sampel penelitian dipilih dengan teknik disproportional stratified random sampling, yaitu dengan rincian 1 orang guru PAI, 1 orang guru PKn, dan 110 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI dan PKn mencantumkan karakter yang relevan di dunia kerja ke dalam perencanaan pembelajaran dan menerapkannya dalam pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, strategi yang dilakukan oleh guru adalah memberikan tugas kepada siswa, memberi contoh, dan memberi nasihat. Akan tetapi, guru tidak melakukan evaluasi terhadap karakter yang dikembangkan. Pencapaian pembentukan karakter menunjukkan bahwa karakter yang paling sering dikembangkan pada pembelajaran PAI dan PKn secara berurutan adalah karakter tanggung jawab dan karakter jujur. Saran yang diberikan adalah mengembangkan karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras dan mandiri dalam perencanaan, pelaksanaan dan melakukan evaluasi terhadap karakter tersebut.
Kata kunci: Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan.
Abstract
This research aims to know the strategy and result of character building at SMK Negeri 1 Lamongan through lesson integration Religion Education and Civic Education. This research is quantitative descriptive. Data was collected through questionnaires, documentation, observation, and interviews. Research sampling choosed by disproportional stratified random sampling, that is 1 religon teacher, 1 civic teacher, and 110 students. The result show that the teacher include character which needed industry world in planning document and applied on learning in the class. On the implementation learning, strategy doing by teacher are giving task, giving model, and giving suggestion. But, the teacher do not evaluation about character. Advice given are the teacher should develop honest, dicipline, responsibility, hard work and independet on planning, implementation and evaluation.
Keywords: Character Building Religion Education, Civic Education
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-05-24
How to Cite
Susilowati, E., & 0001047104, H. (2013). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 LAMONGAN MELALUI INTEGRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 364–378. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p364-378
Issue
Section
Articles

