STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 1 JABON SIDOARJO

STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 1 JABON SIDOARJO

  • Eka Aminatus Sholichah Lestari Ningrum Unesa
  • Harmanto harmanto Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan strategi SMPN 1 Jabon Sidoarjo dalam meminimalisir perilaku agresif siswa. Dalam beberapa tahun ini pelanggaran yang disebabkan karena perilaku agresif siswa berkurang, sehingga peneliti ingin mencari strategi yang dilakukan oleh sekolah dalam meminimalisir perilaku agresif siswa di SMPN 1 Jabon Sidoarjo. Strategi sekolah merupakan upaya atau langkah yang dilakukan oleh beberapa orang dalam melaksanakan suatu progam atau tujuan yang akan dicapai oleh institusi. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PPKn, Guru BK, Waka Kesiswaan serta siswadi SMPN 1 Jabon. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi SMPN 1 Jabon dalam meminimalisir perilaku agresif siswa adalah dengan adanya strategi progam. Progam yang dicanangkan sekolah untuk dapat meminimalisir perilaku agresif adalah dengan cara menerapkan sistem hukuman dengan pengurangan poin siswa. Selain itu, sekolah juga menerapkan progam Sekolah Ramah Anak (SRA). Berdasarkan teori yang digunakan oleh peneliti yaitu tentang belajar sosial yang disampaikan oleh Bandura (1) Proses attentional, (2) Proses retentional (menyimpan pesan), (3) Proses pembentukan perilaku, (4) Proses motivasi. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh SMPN 1 Jabon mengandung empat konsep yang dijelaskan. Empat proses belajar sosial yang dijelaskan oleh Bandura tersebut berjalan dengan adanya progam yang dibuat atau dicanangkan oleh sekolah

Kata Kunci: strategi, perilaku agresif, siswa

  

Abstract

The purpose of this study was to describe the strategy of SMPN 1 Jabon Sidoarjo in minimizing student aggressive behavior. In recent years, violations caused by students' aggressive behavior have decreased, so the researchers wanted to find a strategy used by the school in minimizing the aggressive behavior of students at SMP 1 Jabon Sidoarjo. School strategy is an effort or step taken by several people in implementing a program or goal to be achieved by the institution. Researchers used qualitative methods with a descriptive approach. Data collection techniques using in-depth interviews, observation and documentation. The informants in this study were the principal, PPKn teachers, BK teachers, student guides, and students of SMPN 1 Jabon. The results showed that the strategy of SMPN 1 Jabon in minimizing students' aggressive behavior was the existence of a program strategy. The program launched by schools to be able to minimize aggressive behavior is to implement a punishment system with a reduction in student scores. In addition, the school also implements the Child Friendly School (SRA) program. Based on the theory used by researchers, namely about social learning conveyed by Bandura (1) the attention process, (2) the retention process (storing messages), (3) the process of forming behavior, (4) the process of motivation. The learning process carried out by SMPN 1 Jabon contains four described concepts. The four social learning processes described by Bandura work with school programs.

Keywords: content, formatting, article.

Published
2021-01-20
How to Cite
Lestari Ningrum, E. A., & harmanto, H. (2021). STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 1 JABON SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 188-202. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p188-202
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 204