PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PINTAR (LUPIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMP AL-AMIN SURABAYA

PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PINTAR (LUPIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMP AL-AMIN SURABAYA

  • Nofan Maldini universitas negeri surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih universitas negeri surabaya
Kata Kunci: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Lupin (Ludo Pintar)

Abstrak

Peserta didik berminat didalam pembelajar yang berbeda-beda. Pelajar bersama minat akan pembelajar yang unggul cenderung tekun dan semangat dalam belajar. Sedangkan kebalikannya, pelajar dengan minat belajar minim cenderung bermalas-malasan. Ini menyebabkan guru memiliki alasan lebih tinggi dalam penggunaan media pembelajaran di dalam tahap belajar mengajar guna menarik antusias pelajar untuk lebih minat belajar. Penelitian ini dilakukan supaya tahu mengenai pengaruh pemakaian media pembelajaran “Lupin (Ludo Pintar)” atas hasil belajar pelajar di SMP Al-Amin Surabaya. Penelitian yang dipakai merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi-experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pelajar kelas VIII SMP Al-Amin Surabaya, dengan sampel yakni kelas VIIIA dengan kelas kontrol serta kelas VIIIB dengan kelas eksperimen. Sampel antara kelas kontrol serta kelas eksperimen berjumlah 25 siswa masing-masing. Hipotesis alternatif (Ha) yang digunakan ialah adanya pengaruh yang signifikan dari pemakaian media pembelajaran “Ludo Pintar (Lupin)” atas hasil belajar PPKn pada pelajar. Data yang ada kemudian dilakukan uji-t dengan hasil menunjukkan bahwa Ha diteriman dan Ho ditolak, yang artinya adanya pengaruh pemakaian media pembelajaran Lupin (Ludo Pintar) atas hasil belajar pelajar kelas VIIIB SMP Al-Amin Surabaya.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Lupin (Ludo Pintar)      

Referensi

Ahmadi, iAbu idan iJoko. i1997. iStrategi iBelajar iMengajar. iBandung i: iPustaka iSetia. iHlm i105

Arief iS. i iSadiman, i idkk. i i2012. i iMedia i iPendidikan: i iPengertian,
Pengembangan idan iPemanfaatannya. iJakarta: iPT. iRaja iGrafindo iPersada.

Arsyad, iAzhar. i2011. iMedia iPembelajaran. iJakartai: iPT iRaja iGrafindo iPersada.

Asnawir idan iM. iBasyiruddin iUsman. i2002. iMedia iPembelajaran. iJakarta: iCiputat iPers.

B, iSuryosubroto. i1997. iProses iBelajar iMengajar idi iSekolah. iJakarta: iPT iRineksa iCipta.

Creswell, iJohn iW. i2014. iResearch iDesign, iQualitative, iQuantitative, iand iMixed iMethods iApproaches. iPenerjemah iAchmad iFawaid. iYogyakarta: iPustaka iPelajar.

Djamarah, iSyaiful iBahri idan iAswan iZain. i2013. iStrategi iBelajar iMengajar. iJakarta: iRineka iCipta.

Emzir. i2012. iMetodologi iPenelitian iPendidikan iKuantitatif idan iKualitatif. iJakarta i: iRajawali iPers.

Akbar, iSa’dun. i2013. iInstrumen iPerangkat iPembelajaran. iBandung i: iPT. iRemaja iRosdakarya.

Fauziah, iM. idan iLaraswati, iD. i2015. iPerancang iSistem iInformasi iAkuntansi iSimpan iPinjam iPada iKoperasi iPasar iInduk iKramat iJati iJakarta. iJurnal iSistem iInformasi iStmik iantar iBangsa, iISSN i: i2089-8711, iVolume iIV iNomor i2, iAgustus i2015.

Hamdani. i2005. iManfaat iMedia iPembelajaran. iJakarta: iPustaka iCipta.

Hamdani. i2011. iStrategi iBelajar iMengajar. iBandung: iPustaka iSetia.

Jannah, iPutri iZakkiyatul. i2014. iPengaruh iMedia iPembelajaran iZooming iPresentation iTerhadap iHasil iBelajar iSiswa iKelas iX iPada iKonsep iSuhu idan iKalor. iSkripsi itidak iditerbitkan. iJakarta: iUIN iSyarif iHidayatullah iJakarta.

Jihad, iAsep. i2008. iEvaluasi iPembelajaran. iYogyakarta: iMulti iPressindo.

Kustandi idan iSutjipto. i2013. iMedia iPembelajaran; iManual idan iDigital. iBogor: iGhalia iIndonesia.

Lorin iW. iAnderson, iDavid iR. iKrathwohl. i2010. iKerangka iLandasan iUntuk iPembelajaran, iPengajaran, idan iAsesmen, iterj. iAgung iPrihantoro. i(Yogyakarta: iPustaka iBelajar), ih. i99-120.

Muhammad iNoviyan iA. i2013. iPenerapan iMedia iBerbasis iKomputer iUntuk iPeningkatan iPrestasi iBelajar iSiswa iPada iMata iPelajaran iTeori iPenggunaan iPerkakas iTangan idi iSMK iMuhammadiyah i1. iSkripsi. iTidak iditerbitkan.

Mulyasa, iE. i2004. iKurikulum iBerbasis iKompetensi. iBandung: iRemaja iRosdakarya.

Munadhi, iYudhi. i2010. iMedia iPembelajaran. iJakarta i: iGaung iPersada iPress.

Musfiqon. i2012. iPengembangan iMedia iBelajar idan iSumber iBelajar.Jakarta i: iPrestasi iPustakakarya.

Nurcahyo, iPrasetyo iAdi. i2016. iPengaruh iPenggunaan iMedia iPembelajaran iTerhadap iHasil iBelajar iSiswa iMata iPelajaran iKelistrikan iMesin idan iKonversi iEnergi idi iSMKN i2 iDepok. iSkripsi itidak iditerbitkan. iYogyakarta: iUniversitas iNegeri iYogyakarta.

Pratama iA. i2014. iPeningkatan iKompetensi iPrinsip iDasar iKelistrikan idan iKonversi iEnergi idengan iModel iMind iMapping iBerbasis iMultimedia iPada iSiswa iKelas iX iSMKN i2 iWonosari. iSkripsi. iTidak iditerbitkan.

Rahmatullah, iMuhammad. i2011. i“Pengaruh iPemanfaatan iMedia iPembelajaran iFilm iAnimasi iTerhadap iHasil iBelajar i(Studi iEksperimen iPada iMata iPelajaran iIPS iSiswa iKelas iVII iSMPN i6 iBanjarmasin”. iEdisi iKhusus iNo. i1 i: iHal. i178-186. iISSN i1412- i565X.

Sagala, iSyaiful. i2003. iKonsep idan iMakna iPembelajaran. iBandung: iAlfabeta.

Sanjaya, iWina. i2012. iStrategi iPembelajaran iBerorientasi iStandar iProses iPendidikan.Jakarta: iKencana iPrenada iMedia iGroup.

Sanaky, iHujar iAH. i2009. iMedia iPembelajaran. iYogyakarta: iSafiria iinsane ipress.

Slameto. i2013. iBelajar idan iFaktor-Faktor iyang iMempengaruhi. iJakarta: iRineka.

Sukmadinata, iNana iSyaodih. i2003. iLandasan iPsikologi iProses iPendidikan. iBandung i: iRemaja iRosdakarya.

Triswadani, iRiska iAyu. i2018. iPengaruh iPenggunaan iMedia iAudio iVisual iTerhadap iHasil iBelajar iSiswa iPada iPembelajaran iTematik iTerpadu iKelas iIV iSD. iSkripsi itidak iditerbitkan. iLampung: iUniversitas iLampung.
Diterbitkan
2023-08-21
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 32