POLA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO

  • Irma Diayuningsih PPKn
  • Totok Suyanto PPKn

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengembangan nilai-nilai karakter melalui kultur sekolah di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian pada pola pengembangan nilai-nilai karakter melalui kultur sekolah terbagi menjadi 3 aspek yakni: kultur akademik yang berorientasi pada mutu pendidikan sekolah, kultur sosial budaya melalui (1) pengkondisian, (2) kegiatan rutin, (3) menasihati atau teguran, (4) pemberian penghargaan (reward) dan hukuman (punishment). Sedangkan pada kultur demokratis melalui: (1) bebas berpendapat melalui adanya penyediaan kotak saran oleh sekolah, (2) komunikasi dua arah, (3) organisasi sekolah. Pada pengembangan nilai-nilai karakter terdapat beberapa kendala yang dialami sekolah yakni kurangnya kesadaran pada diri siswa, adanya pengaruh lingkungan luar, kurangnya penyediaan fasilitas dan dana. Upaya sekolah dalam mengatasi kendala tersebut yakni bekerja secara istiqhomah atau terus-menerus, keteladanan yang dilakukan oleh guru, mengadakan pertemuan rutin antar pengurus sekolah.

Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Kultur sekolah

Author Biographies

Irma Diayuningsih, PPKn
PMP-KN S1
Totok Suyanto, PPKn
PMP-KN
Published
2014-01-27
How to Cite
Diayuningsih, I., & Suyanto, T. (2014). POLA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 31-45. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n2.p31-45
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 181