HUBUNGAN PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN PENDIDIKAN MORAL DI SMP NEGERI 11 SURABAYA

  • Dwi Bintang Rahmawati PPKn
  • I Made Arsana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan tata tertib sekolah dengan pendidikan moral serta mendeskripsikan kendala dan upaya penanganannya terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah dengan pendidikan moral di SMP Negeri 11 Surabaya. Penelitian ini didasarkan pada teori perkembangan moral Kohlberg dan teori behaviorisme Skinner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 11 Surabaya dengan sampel 94 siswa. Teknik pengumpulan data diantaranya angket, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan tata tertib sekolah dengan pendidikan moral sebesar 0,279 yang berarti memiliki hubungan yang rendah dan arah hubungan positif. Pelaksanaan tata tertib sekolah di SMP Negeri 11 Surabaya terdapat berbagai upaya penegakan yang dilakukan dilakukan siswa, guru dengan menasehati, memberikan sanksi. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tata tertib diantaranya kurangnya kesadaran dari siswa dan kerja sama orang tua serta upaya penanganannya dengan memberikan nasehat, peringatan atau sanksi disiplin, cara pembinaan dan pendampingan siswa yang melanggar tata tertib sekolah.

Kata kunci: Tata Tertib Sekolah, Pendidikan Moral

Author Biography

Dwi Bintang Rahmawati, PPKn
PMP-KN S1
Published
2014-01-27
How to Cite
Rahmawati, D., & Arsana, I. (2014). HUBUNGAN PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN PENDIDIKAN MORAL DI SMP NEGERI 11 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 46-60. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n2.p46-60
Abstract Views: 200
PDF Downloads: 642