KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 DLANGGU MOJOKERTO

  • Nastiti Mufidah PPKn
  • I Made Arsana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menentukan korelasi antara hasil belajar atau prestasi belajar yang diperoleh di sekolah yang diperoleh oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Dlanggu, tehadap sikap kepedulian sosial yang dimilikinya. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan moral oleh Thomas Lickona. Berdasarkan tujuan dilakukan penelitian ini, maka untuk kepentingan mengukur korelasi digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasi product moment. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar dan metode angket yang digunakan untuk mengukur nilai kepedulian sosial para responden. Responden dalam penelitian ini adalah 83 siswa kelas VIII SMPN 1 Dlanggu, yang diambil dengan menggunakan system purposive sampling yang menggunakan pertimbangan nilai hasil belajar yang diperoleh di kelas VII semester 2. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan teknik analisis product moment diperoleh hasil bahwa terdapat korelasi antara prestasi belajar dengan kepedulian sosial siswa kelas VIII di SMPN 1 Dlanggu. Analisis tersebut diperoleh dengan menggunakan taraf kesalahan 5%, yang kemudian menghasilkan perbedaan rh lebih besar 0,005 dari rt. Hasil korelasi tersebut menunjukkan bahwa tedapat korelasi yang signifikan antara prestasi belajar yang diperoleh dengan kepedulian sosial yang dimilki oleh siswa kelas VIII di SMPN 1 Dlanggu Mojokerto. Korelasi yang dihasilkan berupa korelasi posif yang artinya bahwa semakin tinggi prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa, maka semakin tinggi pula tingkat kepedulian sosila yang dimilikinya.

Kata kunci: Prestasi Belajar, Kepedulian Sosial

Diterbitkan
2014-01-27
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 87